Seputar Manfaat Daun Pandan wangi

Posted by Tanaman Obat on Minggu, 04 Mei 2014

Manfaat Khasiat Daun Pandnn Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Manfaat Daun Pandan wangi ~ menurut wikipedia, pandan wangi merupakan segolongan tumbuhan monokotil dari jenus pandanaceae. tanaman ini bisa menghasilkan aroma pada bagian daunnya ,sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan rempah untuk menambah aroma pada beberapa makanan tertentu seperti kolak, dawet, dan beberapa kue basah. Dalam bidang industri rumah tangga, daun pandan juga digunakan sebagai bahan pewarna alami pada makanan seperti kue.

Pandan wangi adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di daerah dengan kondisi tanah lembab, dan tidak terlalu banyak sinar matahari, biasanya masyarakat menanamnya diarea sekitar selokan, kolam dan area lainnya yang mengandung cukup air.

Khasiat Daun Pandan Wangi

Selain manfaatnya sebagai bahan rempah dan pewarna alami, daun pandan wangi juga bisa dimanfaatkan dalam dunia pengobatan. Berikut manfaat daun pandan wangi untuk obat dan cara meramunya :


1. Mengatasi masalah lemah saraf 
Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus 3 gelas air putih dengan  3 lembar daun pandan yang telah di cuci bersih sebelumnya dan di iris-iris  tipis, masak sampai tersisa kurang lebih 2 gelas. Minum dalam keadaan hangat / dingin, pagi dan sore.

2. Mengatasi kepala berketombe.
Ketombe adalah masalah umum pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun pandan yang sebelumnya telah ditumbuk halus ( dari 2-5 lembar daun pandan ) untuk kemudian diusapkan kulit kepala secara teratur. Lakukan setiap hari sampai masalah ketombe hilang dari kulit kepala anda.

3. Menghitamkan rambut 
Selain bisa untuk mengatasi kulit kepala berketombe, daun pandan juga bisa di manfaatkan untuk menghitamkan rambut. Cara pembuatan ramuannya yaitu dengan merebus 7 lembar daun pandan yang telah dicuci dan dipotong-potong dengan air putih satu gelas. Masak sampai mendididih dan air berwarna kehijauan. Angkat dan diamkan satu malam, esok harinya, ramuan bisa digunakan dengan mencampurnya terlebih dahulu dengan air perasan dari 3 buah mengkudu matang. Basuh rambut anda 3x seminggu menggunakan ramuan tersebut.

4. Mengatasi rhematik dan pegal linu. 
Untuk mengatasi rhematik dan pegal linu, daun pandan dibuat ramuan sebagai obat luar / gosok. Cara pembuatan ramuannya yaitu siapkan 3 lembar daun pandan kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun pandan dengan setengah cangkir minyak panas sambil diaduk. Diamkan sampai dingin, lalu gunakan sebagai obat gosok untuk bagian-bagaian tubuh yang terasa sakit / pegal.

5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 
Untuk menjadikan daun pandan sebagai obat penurun darah tinggi, anda siapkan terlebih dahulu 3 lembar daun pandan, cuci bersi h, dan potong-potong. Rebus daun pandan dengan dua gelas air putih sampai tersisa satu gelas. Minum ramuan secara rutin dan teratur pagi dan sore.

Demikian ulasan mengenai seputar manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan, semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan seputar tanaman obat bagi anda semua.

link artikel : wikipedia.org/wiki/Pandan_wangi

Blog, Updated at: 12.29

Popular Posts

Artikel Blog