Manfaat jintan hitam habbatussauda

Posted by Tanaman Obat on Rabu, 07 November 2012

Manfaat Jintan Hitam HabatussaudaTanaman Jintan Hitam atau dalam bahasa arab bernama Habatussauda adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat baik sebagai rempah dapur ataupun sebagai tanaman obat.
Manfaat jintan hitam habbatussauda
Jintan Hitam masuk kedalam genus sativa dan famili Ranunculaceae. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki ciri khas yaitu biji yang berwarna hitam. Bagian ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan rempah.

Klasifikasi Dan Ciri Umum Jintan Hitam

Klasifikasi Jintan Hitam / Nigela Sativa

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Ranunculales
  • Family : Ranunculaceae
  • Genus : Nigella
  • Species : Nigella sativa

Tanaman jintan hitam ini memiliki ragam nama yang berbeda untuk setiap Negara, antara lain : Habbatus Sauda, ( arab), Kezah ( Hebrew), Siyah daneh ( Persia), Chamushka (rusia).

Ciri- Ciri Umum jintan hitam :

  1. Ketinggian pohon antara 20 – 50 cm, batang tegak, berkayu membentuk bulat menusuk.
  2. Bentuk daun bulat telur dengan ujung meruncing, bercabang, dan bergaris ( bentuk garis daun tidak seperti genus sativa pada umumnya, garis pada daun jintan hitam tidak seperti benang), permukaan daun tumbuh bulu-bulu halus, Posisi daun tersebar atau berhadapan.
  3. Bunga jintan memiliki bentuk yang beraturan, Warna bunga biru pucat atau putih, memiliki 5-10 mahkota.
  4. Buah jinten hitam  memiliki tekstur yang keras, besar, mengembung, berisi 3-7 unit folikel, setiap folikel mengandung biji atau benih yang sering digunakan untuk bahan rempah . Rasa pahit dan aroma menyerupai buah strawberry.
  5. Zat-zat yang terkandung dalam biji jintan antara lain minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon.

Manfaat jintan hitam Habbatussauda sebagai tanaman obat

Penggunaan jintan hitam terutama bagian bijinya untuk bahan obat tradisional diperkirakan sekitar abad 2000-3000 sebelum masehi.Salah seorang ahli pengobatan asal yunani bernama Dioscoredes telah mencatat sejumlah manfaat habbatus sauda yaitu untuk penyembuhan penyakit ringan seperti sakit kepala dan saluran pernapasan.


biji jintan hitam baik untuk kesehatan


Semakin berkembangnya ilmu pengobatan, banyak Khasiat jintan hitam lainnya ditemukan. Pada tahun 1986 Dr. Ahmad Al Qadhy dari hasil penelitiannya menemukan bahwa jintan hitam bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, kuman, dan bakteri. Selanjutnya dari penelitian yang dilakukan oleh Prof.G.Reitmuller, yang saat itu menjabat sebagai direktur institute immonologi Universitas munich, menemukan bahwa dalam biji jintan hitam terkandung asam linoleat ( omega 6 ) dan asam linolenat ( omega 3 ) .Kedua zat tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi kerja otak, seperti menambah kecerdasan,. Memperkuat daya ingat, relativitas sel otak untuk memperlambat kepikunan, dan membantu memperbaiki peredaran darah pada sel otak.

Beberapa manfaat jintan hitam lainnya yaitu untuk mengobati penyakit asma dan alergi, Sebagai sumber giji, Mengobati penyakit kanker, mengobati gangguan pada alat pencernaan tubuh, obat radang ,dan melancarkan Asi pada ibu menyusui.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat jintan hitam habbatussauda, nantikan artikel kami selanjutya yang mengulas tentang manfaat akar manis dalam dunia kesehatan

Blog, Updated at: 09.01

Popular Posts

Artikel Blog