Kandungan Gizi Buah Pisang

Sejumlah kandungan gizi dalam buah pisang untuk anda ketahui sebagai pengetahuan

Kandungan Buah Pisang :: Sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal di indonesia pasti sudah merasakan atau paling tidak mengenal buah pisang. Pisang adalah salah satu buah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Rasa yang manis dan tampilan yang menarik menjadikan buah ini selalu ada dalam setiap acara yang diadakan masyarakat ,baik itu pesta pernikahan, jamuan makan, dan kegiatan lainnya.

Pisang adalah tanaman buah yang sangat cocok ditanam didaerah beriklim tropis, lembab, panas, dengan intensitas hujan stabil setiap tahun. oleh karena itu, tidak salah jika buah ini sangat melimpah di negara kita.

Klasifikasi dan kandungan pisang

Klasifikasi Tanaman Pisang


Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Musales
Famili:
Musaceae
Genus:
Musa

Kandungan gizi dalam buah pisang


Buah pisang mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh sehigga memasukan pisang sebagai tanaman obat adalah tepat. Unsur-unsur yang terkandung dalam buah pisang antara lain vitamin, kerbohidrat, serta mineral.Merunut pada artikel yang di posting self.com. Dalam satu buah pisang seberat 225 g, terkandung 200 kalori yg merupakan sumber energi untuk tubuh, Terdapat juga kandungan serat sebanyak 6 g. kandungan serat sebanyak ini dapat memenuhi 23% kebutuhan tubuh akan serat harian.

Vitamin dalam buah pisang didominasi oleh vitamin C, perlu diketahui, dengan mengkonsumsi satu buah pisang seberat 225 g tersebut, kebutuhan tubuh akan vitamin C akan terpenuhi sebesar 33% . Vitamin lainnya yg terdapat dlm buah pisang adalah B6 sebesar  0,5 mg / 1 00  mg.. Vitamin B6 berperan sebagai koenzim sejumlah proses yg terjadi dlm metabolisma tubuh dan juga sistesis protein terutama serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter dalam otak,. Zat ini memiliki manfaat untuk memberikan suasana tenang hati anda. Vitamin dan zat lainnya yaitu vitamin A, pantothenic acid, folat, dan niasin.

Selain kandungan vitamin dan zat-zat yg disebutkan diatas, buah pisang juga mengandung kalium yang  tinggi serta sejumlah mineral, kalsium, magnesium, serta zat besi. Kandungan mineral (terutama seng) dari buah pisang memiliki sifat mudah diserap tubuh dibandingkan dengan mineral yg terkandug dalam buah lainnya.Kandungan mineral seperti zat besi dan seng dalam buah pisang juga lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya, seperti buah apel yg memang memiliki kandungan kedua zat ini dlm jumlah besar.

Tabel perbandingan kandungan zat besi dan seng antara buah pisang dan apel :

Zat Besi
Seng
Buah Pisang
2 mg / 100 g
0,8 mg / 100 g
Buah Apel
0,1 mg / 100 g
0,2 mg / 100 g

Dalam hal pemanfaatannya, buah pisang terbagi kedalam empat jenis :
  1. Pisang untuk dikonsumsi tanpa menunggu buah masak, yaitu M.Nana atau M.Cavendishii, M.Paradisiaca Var Sapientum, dan M.Sinensis. contoh : pisang lampung, raja, mas, sereh, ambon, susu, uli.
  2. Pisang untuk dikonsumsi setelah buah matang. Yaitu M.paradisiaca normalis atau nama lengkapnya juga M.paradisiaca forma typicaatau, Contoh dari pisang jenis ini yaitu : pisang kapok, nangka, tanduk, kapas.
  3. Pisang yg terdapat biji dalam buahnya yaitu M.brachycarpa.Contoh pisang jenis ini yaitu pisang klutuk dan batu.
  4. Pisang yg dimanfaatkan untuk diambil seratnya ,contohnya pisang manila.
Demikian artikel tentang kandungan gizi buah pisang semoga bermanfaat untuk menambah pengatahunan anda terhadap tanaman obat. silahkan baca artikel selanjutnya yang mengulas tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.

sumber :

id.wikipedia.org/wiki/Pisang
warintek.ristek.go.id/pertanian/pisang.pdf