Manfaat Alang-Alang Sebagai Tanaman Obat

ulasan seputar manfaat alang-alang bagi kesehatan tubuh

Manfaat alang-alang sebagai tanaman obat :: Alang-alang adalah tanaman sejenis gulma yang sangat mudah kita temukan di area ladang atau pesawahan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Imperata cylindrical ini memang tumbuh subur di area tersebut dan perkembangannya bisa mengalahkan tanaman yang memang sengaja ditanam petani.

Dibalik keberadaannya sebagai tanaman gulma, ternyata alang-alang juga memiliki peranan yang baik dalam melindungi tanah dari erosi. Pertumbuhan yang cepat, serta perkembangan akar yang saling bertautan antar pohon membentuk jalinan rimpang kuat yg dapat menahan tanah disekitarnya.

Bagian daun alang-alang juga banyak dimanfaatkan untuk atap rumah. Bagian lain dari alang-alang  yg dapat dimanfaatkan yaitu serat halus dari malai bunganya dapat digunakan untuk mengisi alas tidur / bantal sebagai pengganti kapuk.

Klasifikasi Dan Ciri Umum
Klasifikasi alang-alang
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi:Magnoliophiyta
  • Kelas:Liliopsida
  • Ordo:Poales
  • Famili:Poaceae
  • Genus:Imperata Spesies:l.cylindrica
Ciri-Ciri Tanaman Alang-alang 
  • Rumput menahun, tunas panjang bersisik, tumbuh merayap dibawah tanah. Pucuk tunas yang tumbuh keluar tanah runcing tajam.
  • Batang pendek tumbuh menjulang naik keatas tanah dan berbunga. Tinggi antara 0,2-1,5 m.
  • Setiap helaian daun membentuk garis lanset dengan bagian ujung daun runcing. Bagian pangkal menyempit berbetuk talang, panjang daun sekitar 12-80 cm ,bagian tepi kasar serta bergerigi tajam, berambut panjang dibagian pangkalnya, tulang daun umumnya lebar dan berwarna pucat ditengahnya.
  • Karangan bunga dalam malai, panjang sekitar 6-28 cm, dengan anak bulir berambut panjang (putih) sebagai alat untuk melayang bulir buah bila masak.

Manfaat alang-alang untuk kesehatan.

Dari beberapa penelitan yang telah dilakukan. Alang-alang mengandung sejumlah unsur-unsur kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Unsur-unsur ini banyak terdapat pada bagian akar. Unsur-unsur kimia tersebut beberapa diantaranya yaitu : manitol, glukosa, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin,anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin.

Dengan adanya unsur-unsur yang disebutkan diatas, alang-alang memiliki sifat antipiretik yaitu bersifat menurunkan panas, diuretic yaitu bersifat meluruhkan kemih, hemostatik yaitu dapat menghentikan pendarahan, dapat membuat adem serta menghilangkan rasa haus.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat alang-alang sebagai tanaman obat, antara lain dapat mengobati :
  1. Pembengkakan akibat radang ginjal akut
  2. Pembengkakan karena terbentur 
  3. Mengobati infeksi pada saluran pencernaan 
  4. Pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dll 
  5. Pendarahan pada wanita 
  6. Susah buang air kecil atau kencing terus menerus
  7. Demam yg disertai haus 
  8. Urat saraf melemah 
  9. Radang pada paru-paru 
  10. Keputihan pada wanita 
  11. Gangguan pencernaan 
  12. Jantung koroner 
  13. Batuk, flu, diare 
  14. Asma 
  15. Gonorea ( kencing nanah ) 
  16. Tekanan darah tinggi 
  17. Dan lain-lain 
Demikian ulasan singkat mengenai manfaat alang-alang sebagai tanaman obat, smoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang tanaman obat. Dan khususnya mengetahui manfaat yang tersimpan dalam alang-alang yg lebih kita kenal sebagai tanaman hama ini.