Kandungan Dan Manfaat Kulit Pisang

Sejumlah khasiat yang terkandung dalam kulit pisang bagi tubuh

Kandungan dan manfaat kulit pisang :: saya rasa sebagian besar dari anda semua masih banyak yang belum mengetahui rasa dari kulit pisang. Memang bagian pembungkus dari daging buah pisang ini sering kali hanya menjadi sampah dikarenakan rasanya yg tidak enak. Tapi siapa sangka, ternyata bagian ini megandung sejumlah unsur unsur kimia yang tidak kalah bermanfaatnya bagi tubuh.

Kandungan unsur gizi dalam kulit pisang cukup lengkap, antara lain seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, bebebapa vitamin seperti B dan C, serta air. Kesemua unsur ini dapat bermanfaat sebagai sumber energi juga antibodi bagi tubuh manusia.

Kandungan kimia kulit pisang.

Kulit pisang mengandung air dalam jumlah besar yaitu mencapai 68,90 %, unsur kedua yg terkandung cukup besar dalam kulit pisang yaitu karbohidrat sebesar 18,50 %. Sisanya terdiri dari protein, zat besi dan unsur lainnya. Dibawah ini adalah komposisi lengkap unsur-unsur kimia dalam 100 g kulit pisang : 

Zat Gizi
Kadar
Air (g)
68.90
Karbohidrat (g)
18.50
Lemak (g)
2.11
Protein (g)
0.32
Kalsium (mg)
715
Fosfor (mg)
117
Zat Besi (mg)
1.60
Vitamin B (mg)
0.12
Vitamin C (mg)
17.50
Balai penelitian dan pengembangan Industri, Jatim Surabaya (1982)

Manfaat Kulit Pisang Untuk Tubuh.

Dengan kandungan kulit pisang yang disebutkan diatas, tidak salah bila kulit pisang juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh. Dibawah ini adalah beberapa manfaat kulit pisang yg bisa anda maksimalkan
  1. Dapat meningkatkan kadar serotonin, serotonin merupakan neurotransmitter monoamina yg terutama ditemukan pada gastrointestinal (GI) saluran dan system saraf pusat (SSP). fungsi dari serotonin ini adalah untuk mengatur kerja usus, serta untuk regulasi suasana hati, selera makan, tidur, kontraksi otot dan sebagainya.
  2. Baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari katarak.
  3. Dapat bersifat sebagai antioksidan alami.
  4. Mengurangi resiko degenerasi makula*.
  5. Dapat memurnikan air serta logam berat dalam tubuh.
  6. Membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan luka.
  7. Mengatasi gatal pada kulit akibat gigitan nyamuk.
  8. Dapat menghaluskan kulit.
  9. Dapat digunakan untuk mengobati kutil.
  10. Kulit pisang dapat menyembuhkan sakit kepala, caranya dengan menumbuk kulit pisang lalu menempelkannnya pada bagian dahi. 
Demikianlah ulasan singkat mengenai kandungan kimia dan manfaat kulit pisang untuk tubuh, semoga setelah membaca artikel ini, anda akan sedikit lebih mengentahui tentang kegunaan kulit pisang selain bagian buah pisang itu sendiri.

* Degenerasi makula = keadaan / kondisi medis dimana biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua yg mengakibatkan hilangnya penglihatan ditengah lapangan visual ( makula ) karena kerusakan retina.

ARTIKEL TERKAIT: