Manfaat Jahe Sebagai Tanaman Obat Herbal

Posted by Tanaman Obat on Minggu, 24 Maret 2013

Ulasan seputar manfaat rimpang jahe untuk meningkatkan kesehatan tubuh

Manfaat jahe sebagai tanaman obat herbal :: Rimpang jahe mengandung minyak asitri yang didalamnya terdapat beberapa senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh.Untuk lebih lengkapnya , silahkan kunjungi artikel sebelumnya yang mengulas tentang klasifikasi dan kandungan tanaman jahe.

Manfaat jahe untuk obat


Manusia sudah memanfaatkan rimpang jahe sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang menimpa mereka. Dibawah ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan jahe berikut cara penggunaannya :
  1. Migren -Rendam tangan anda kurang lebih 15 menit dalam air jahe hangat. Dipercaya cara ini bisa mengurangi rasa sakit.
  2.  Sariawan -Gunakan rebusan air jahe sebagai obat kumur 2-3 x sehari. Cara membuat air rebusannya yaitu dengan merebus jahe segar kurang lebih 800 gr dalam air secukupnya.
  3. Mencegah kerusakan pada gigi -Rebusan air jahe juga bisa berguna dalam mencegah kerusakan pada gigi, caranya dengan menjadikannya sebagai obat kumur.
  4. Periodontitis - Rebusan air jahe yang ditambahkan sedikit garam dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menyembuhkan sakit atau gatal pada tenggorokan.
  5. Mabuk - Minum air jahe hangat dapat diberikan kepada seseorang yang sedang mabuk yang disebabkan oleh beberapa hal salah satunya saat masa mengidam bgi ibu hamil. minuman ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk menghilangkan etanol dalam tubuh. Untuk meningkatkan rasa, dapat ditambahkan gula atau madu pada minuman tersebut.
  6. Mengatasi ketombe - Menjadikan air jahe sebagai pencuci rambut dipercaya dapat menghilangkan ketombe pada rambut. Manfaat lainnya yaitu dapat mencegah kerontokan pada rambut.
  7. Menghilangkan jerawat - Menjadikan air jahe hangat sebagai pencuci muka diyakini dapat menghilangkan jerawat dan juga bintik-bintik pada kulit kering.
  8. Mengatasi kaki bau - Air jahe hangat yang ditambahkan sedikit garam dan cuka, dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada kaki. Caranya yaitu dengan merendam kaki pada ramuan tadi selama kurang lebih 15 menit. Selelah itu keringkan kaki dan taburkan bedak talk.
  9. Menyembuhkan pilek dan batuk - Rendam kaki anda sampai pergelangan kaki dalam air jahe panas yang telah ditambahkan garam dan cuka.rendam kaki sampai berubah menjadi merah.
  10. Menurunkan tekanan darah tinggi - Dengan merendam kaki dalam air jahe hangat selama 15 menit dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah anda dengan cara refleksologi.
  11. Mengurangi Nyeri Pinggang dan Punggung - Rendam handuk dalam air jahe hangat yang telah ditambahkan garam dan cuka. Gunakan handuk tersebut untuk mengompress bagian-bagian tubuh yang terasa sakit. Metode ini dipercaya dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang dan melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit.
Demikianlah ulasan mengenai manfaat jahe sebagai tanaman obat herbal, tentunya masih banyak lagi manfaat an khasiat jahe yang belum tercantum di atas, silahkan tambah wawasan anda dengan mengunjungi blog kesehatan lainnya

Blog, Updated at: 09.00

Popular Posts

Artikel Blog