Seputar Gizi Dan Manfaat Bayam Bagi Tubuh

Seputar gizi dan manfaat bayam bagi tubuh ::  Bayam adalah salah satu jenis tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia tidak terkecuali penduduk indonesia.Masyarakat kita umumnya mengolahnya menjadi sayur untuk menu makan sehari-hari.

Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi bayam secara rutin (baik dijadikan sayur ataupun dijadikan jus) banyak dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus sp ini memiliki kandungan zat besi relatif tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya Zat ini berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Serta proses pertumbuhan pada usia anak-anak dan remaja.

Klasifikasi dan Morfologi

Klasifikasi ilmiah
  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllales
  • Family : Amaranthaceae
  • Upfamily : Amaranthoidoae
  • Genus : Amaranthus L
  • (Bandini,Y., 2001).

Morfologi tanaman bayam
  • Tumbuh baik di daerah dengan iklim hangat dan cahaya matahari kuat. Bayam termasuk kedalam tumbuhan C4 yang relatif tahan terhadap pencahayaan langsung.
  • Batang pohon berair dan kurang berkayu
  • Daun bertangkai , bentuk daun bulat terlur, warna daun merah, hijau, hijau keputihan ( tergantung jenis bayam ).
  • Bunga majemuk bertife tukal yang rapat.
  • Biji bertekstur keras dan berwarna hitam.

Kandungan Gizi Dalam Bayam

Bayam mengandung sejumlah unsur yang cukup baik untuk tubuh seperti air, energi, proten, mineral dan beberapa vitamin.

Dibawah ini nilai dari setiap kandungan gizi dalam bayam / 100 gram porsi bayam (sumber asiamaya .com)

Kandungan Bayam
Berat
Air
91.58 g
Energi
22 kcal
Protein
2.86 g
Total lemak
0.35 g
Karbohidrat
3.5 g
Serat
2.7 g
Ampas
1.72 g

Mineral
">
Kalsium
99 mg
Besi
2.71 mg
Magnesium
79 mg
Phosphor
49 mg
Potassium
558 mg
Sodium
79 mg
Seng
0.53 mg
Tembaga
0.13 mg
Mangan
0.897 mg

Vitamin

Vitamin C
28.1 mg
Thiamin
0.078 mg
Riboflavin
0.189 mg
Niacin
0.724 mg
Asam pantothenic
0.065 mg
Vitamin B-6
0.195
Folate
194.4 mcg
Vitamin B-12
0 mcg
Vitamin A
672 mcg
Vitamin E
1.89 mg

Manfaat Bayam Bagi Tubuh


Dengan unsur-unsur gizi seperti disebutkan diatas, bayam dapat memberikan sejumlah manfaat cukup baik bagi manusia. Dibawah ini adalah beberapa manfaat bayam bagi tubuh ( sumber : tabloid nova .com, suara merdeka .com ).
  1. Kandungan serat makanan cukup banyak terkandung dalam bayam. Serat berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh, menghidari sembelit, mengontrol gula darah, dan dan mencegah perut tidak mudah lapar.
  2. Bayam mengandung Flavonoid yang memiliki sifat anti kanker. Flavonoid mampu memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Dengan unsur ini, bayam mampu melindungi tubuh dari resiko terserang kanker prostate agresif.
  3. Neoxanthin dan violaxanthin merupakan dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls yang terkandung cukup banyak dalam bayam dan berperan penting dalam regulasi peradangan.
  4. Bayam banyak mengadung vitamin (C, E , Beta-karoten ), mangan, seng, serta selenium. Unsur-unsur tersebut berperan sebagai anti-oksidan kuat dalam melindungi tubuh dari serangan osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.
  5. Lutein dan Zeaxanthin merupakan dua jenis antioksidan yang terkandung cukup banyak dalam bayam dimana keduanya berperan dalam melindungi mata dari radikal bebas penyebab penyakit seperti katarak.
  6. Bayam mengandung kalium cukup tinggi serta sodium rendah. Dengan nilai kandungan keduanya ini sangat bermanfaat bagi pederita tekanan darah tinggi. Bayam juga mengaung folat yang baik untuk menurunkan tekanan darah serta melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah tetap lancar.
  7. Tingginya vitamin A dalam bayam berakibat positif dalam menjaga kelembaban kulit dan melindunginhya dari jerawat, psoriasis, kerantinisasi dan keriput. Vitamin ini juga berperan dalam menjaga kesehatan penghilatan pada mata.
  8. Bayam dapat mencegah terjadinya osteoporosis pd tulang. mengkonsumsi satu cangkir jus bayam sudah dpt memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin K sebesar 200 %. Dengan tercukupinya vitamin K dalam tubuh, maka resiko tulang keropos dapat dihindari. Mineral lainnya seprti magnesium, tembaga, seng, dan fosfor juga berfungsi dalam penguatan tulang.
  9. Kandungan magnesium dalam bayam berperan dalam mencegah terjadinya komplikasi yang terjasi pasca diabetes. Mengkonsumsi bayam secara rutin juga dapat menstabilkan gula dalam darah.
  10. Vitamin C dan betakaroten dalam bayam dpt membantu tubuh dalam melindungi sel-sel usus dari efek negatif radikal bebas.Bayam juga mengandung folat yg beperan dalam mencegah terjadinya kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus.