Kandungan Kimia Dan Manfaat Beluntas

Posted by Tanaman Obat on Senin, 27 Januari 2014

Kandungan kimia dan Manfaat Beluntas :Dalam tanaman beluntas terkandung beberapa senyawa kimia antara lain : alkaloid, tannin, sterol, natrium, minyak asitri, asam amino, lemak, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin C ( banyak terdapat pada bagian daun ), dan senyawa flafonoida ( terdapat pada bagian daun dan akar ).

Sejumlah manfaat daun baluntas untuk obat penyakit dalam tubuh

Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah daunnya baik dengan cara dimakan mentah sebagai lalapan ataupun dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas memiliki aroma khas aromatis dan rasanya getir menyegarkan. Khusus untuk pengobatan, bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan yaitu daun, batang dan juga akar.

Manfaat daun baluntas untuk kesehatan.


Dengan sejumlah unsur maupun senyawa kimia yang terkandung dalam bagian-bagian pohonnya, beluntas memiliki khasiat pengobatan dan sering digunakan oleh manusia sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut adalah manfaat beluntas untuk pengobatan berikut cara meramunya.

1. Mengobati gangguan pencernaan pada anak-anak.
Campurkan daun dengan nasi saring / nasi tim.

2. Mengatasi TBC kelenjar leher.
Bahan yang digunakan untuk membuat ramuan obatnya antara lain : ekstraks batang dan daun beluntas, ekstraks gelatin dari kulit sapi, rumput laut.

Cara pembuatan ramuan : Tim semua bahan sampai lunak, lalu dimakan

3.  Mengatasi nyeri rematik.
Rebus sebanyak 15 gram akar beluntas, lalu air rebusannya diminum.

4. Untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut.
Konsumsi daun beluntas sebagai lalap dipercaya dapat mengatasi masalah bau badan pada tubuh anda.

5. Sebagai obat peluruh keringat dan menurunkan panas.
Rebus daun beluntas, kemudian minum air rebusannya.

6. Mengatasi masalah keputihan pada wanita.
Rebus daun beluntas kurang lebih 20 lembar, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, satu ruas kencur dalam 2  gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian tiriskan. Minum ½ gelas  air rebusan tersebut 2 kali sehari sampai masalah keputihan sembuh.

7. Mengatasi masalah hipertensi.
Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

8. Melancarkan haid.
Daun beluntas kurang lebih 2 genggaman tangan ditumbuk , tambahkan 2 gelas air panas dan garam secukupnya. Peras  dan saring . minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Demikian ulasan tentang kandungan kimia dan manfaat beluntas sebagai tanaman obat berikut cara membuat ramuannya.

sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Beluntas
  • http://books.google.co.id/books?id=7T1XAQAAQBAJ&pg=PA33&lpg=PA33&dq=manfaat+beluntas&source=bl&ots=wZyDRlvrhY&sig=kQsWtKDPFnXH4Cml5_IvyWUrRhM&hl=id&sa=X&ei=bmPmUpeoKYG-kAX9v4GACg&redir_esc=y#v=onepage&q=manfaat%20beluntas&f=false

Blog, Updated at: 20.52

Popular Posts

Artikel Blog