Manfaat Daun Jarak , Biji, Dan Getah

Posted by Tanaman Obat on Rabu, 23 Juli 2014

Manfaat daun jarak untuk kesehatan

Manfaat Daun Jarak , biji, dan getah ~ Ricinus communis Linn atau yang dikenal dengan jarak adalah salah satu tanaman perdu yang biasa tumbuh di hutan dan sekarang ini mulai banyak yang menjadikannya tanaman kebun untuk diambil manfaatnya.

Tanaman jarak bisa dikenali dari bentuk daunnya. Dimana daun jarak berbentuk tunggal menjari dengan jumlah antara 7-9, diameter daunnya sekitar  10- 40 cm. Di Indonesia sendiri, tanaman yang masih termasuk kedalam kerajaan plantae ini memiliki sebutan berbeda untuk masing-masing daerah, antara lain jarak, jarak jitun, kaliki ( sunda ), jarak (jawa, bali), kalekhe (madura), dan lain-lain.

Dalam dunia pengobatan, tanaman jarak banyak dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi berbagai penyakit , beberapa bagian tanaman jarak yang banyak digunakan yaitu getah, biji, dan daun jarak..

Manfaat Getah, Biji, dan Daun Jarak Pagar

Khasiat yang terkandung dalam tanaman jarak , tentunya tidak terlepas dari unsure-unsur kimia yang terkandung didalamnya antara lain :
  • Flavonoid, saponin, dan jatrophie banyak terdapat pada bagian getah
  • Kaemfesterol, stigmasterol, sitosterol, teraksrol, dan amirin adalah beberapa senyawa yang banyak terkandung dalam daun jarak.
  • β-glukanase , toksalbumin, dan curcin banyak terdapat pada bagian biji tanaman jarak. Bagian biji ini juga menghasilkan minyak yang didalamnya terkandung nitrogen, fosfat, dan kalium.
  • Bagian tanaman jarak lainnya yang mengandung senyawa bermanfaat yaitu kulit batang, pada bagian ini terkandung tannin, resin, malam dan saponin.

Berikut adalah beberapa manfaat daun jarak, biji dan getahnya dalam dunia pengobatan serta cara membuat ramuannya :


  1. Mengatasi koreng
    Siapkan 20 biji jarak yang telah dibuang kulitnya, lalu lumatkan hingga menyerupai bubur, tambahkan sedikit garam kemudian aduk rata. Ramuan tersebut tempelakan pada bagian kulit tempat tumbuhnya koreng. Lakukan secara rutin 2 x sehari sampai penyakit sembuh.
    Alternative lainnya yaitu dengan memanfaatkan minyak biji jarak, panaskan secukupnya lalu oleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi koreng menggunakan kapas.
  2. Melancarkan BAB
    Kukus 4 lembar daun jarak pagar yang masih segar. Lalu makan secara rutin 7 hari berturut-turut atau sampai masalah BAB anda hilang.
  3. Atasi batuk berdahak dan mengencerkan dahak
    Siapkan akar pohon jarak secukupnya, cuci bersih kemudian rebus menggunakan 7 gelas air sampai tersisa ±2 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.
  4. Untuk obat rhematik
    Tumbuk daun jarak yang sudah tua secukupnya, campur dengan air sedikit, lalu bubuhkan pada bagian tubuh yang terserang. Biarkan selama beberapa jam. Lakukan secara rutin.
  5. Mengurangi sakit pada gigi berlubang
    Ambil sedikit getah jarak dengan kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi berlubang. Sifat antimikroba yang terkandung didalamnya dapat mengusir bakteri pada gigi.
  6. Mengobati radang telinga pada anak
    Radang telinga sering terjadi pada anak dikarenakan influenza yang mendadak yang ditandai dengan suhu badan tingg, sakit dalam telinga, sedikit tuli dan berdengung. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memanfaatkan getah jarak pagar. Teteskan ±5 tetes kedalam telinga anak.
  7. Memperbesar ukuran alat vital pria.
    Siapkan bahan ramuannya antara lain 10 lembar daun jarak dengan beserta batangnya, jeruk nipis 1 buah. Tumbuk keduanya sampai halus. Cara pemakaiannya yaitu pijat terlebih dahulu alat vital dengan minyak zaitun hingga terasa hangat, langkah selanjutnya pijat kembali menggunakan ramuan obat dari daun jarak dan jeruk nipis.

Demikian beberapa manfaat daun jarak, biji, dan getah, serta akarnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua

Blog, Updated at: 23.49

Popular Posts

Artikel Blog