seputar Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit Wajah

Posted by Tanaman Obat on Jumat, 13 Februari 2015

Manfaat Jeruk nipis untuk kulit wajah :: Jeruk nipis tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Banyak produk kecantikan telah memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan dasar produknya karena bisa memberikan manfaat begitu besar untuk memelihara kulit wajah tetap sehat dan cantik.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang terdapat didalam buahnya. Kadar vitamin C dalam jeruk nipis sangat tinggi, vitamin ini adalah salah satu jenis vitamin yang baik sekali untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk dan menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Vitamin C juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen sehingga kulit akan selalu terlihat lembab, Kenyal dan halus.

manfaat jeruk nipis

Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis, anda bisa menjadikannya sebagai masker alami. Bagi anda yang tidak mau repot, silahkan membeli beberapa produk masker wajah yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya. Tapi bila memiliki waktu luang yang cukup, sebaiknya anda coba buat sendiri, karena masker yang anda buat tentunya jauh lebih aman bagi kulit. Berikut beberapa cara membuat masker dari jeruk nipis secara sederhana yang bisa anda coba dirumah.

Cara pertama:
Siapkan 1 buah jeruk nipis ukuran sedang, usahakan yang masih segar. Belah dua jeruk nipis, lalu gosok-gosokkan daging jeruk nipis tersebut keseluruh area kulit wajah anda secara merata, lakukan secara perlahan.

Cara kedua:
Peras jeruk nipis untuk diambil airnya.oleskan air jeruk nipis tersebut secara merata pada bagian kulit wajah dan leher, tunggu sampai mengering, lalu basuh dengan air dingin. Bila anda rutin melakukan perawatan dengan air perasan jeruk nipis ini, wajah anda akan terlihat bersih dan cerah.

Cara ketiga:
Parut satu ruas kunyit, lalu campurkan dengan setengah sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada area wajah. Ramuan dari kunyit, madu dan air jeruk nipis ini cocok untuk mengurangi kadar minyak pada wajah anda. Muka berminyak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah.

manfaat masker jeruk nipis
Banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan dari penggunaan masker jeruk nipis untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Berikut adalah Beberapa manfaat masker jeruk nipis untuk kulit wajah.

1. Mengurangi kadar minyak dan lemak berlebih pada kulit wajah.
Kulit berminyak dan berlemak merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat, penggunaan masker jeruk nipis secara rutin 5-6 kali seminggu dapat mengurangi kadar minyak dan lemak pada wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan bebas dari jerawat.

2. Mengatasi jerawat dan komedo.
Jeruk nipis merupakan salah satu buah-buahan dengan kadar asam tinggi. Sifat asam yang dimilikinya ini hampir mirip dengan pH alami yang dimiliki kulit manusia, sehingga mampu menangkal bakteri dan kuman yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Pengunaan masker wajah dari jeruk nipis juga bermanfaat untuk menyamarkan noda bekas jerawat sehingga kulit wajah nampak bersih dan segar.

3. Mengangkat sel kulit mati pada wajah.
Sel kulit mati akan menyebabkan kulit wajah anda terlihat kusam dan kotor. Air jeruk nipis bisa membantu mengangkat sel kulit mati tersebut sehinga proses regenerasi sel kulit menjadi lebih baik.

4. Mencerahkan kulit wajah.
Pengunaan jeruk nipis sebagai masker wajah secara rutin, dapat mencerahkan kulit wajah dan menjadikannya nampak segara, pori-pori kulit akan mengecil, dan mengurangi kadar lemak berlebih pada kulit wajah.

5. Memperlambat proses penuaan dini.
Jeruk nipis bersifat anti aging, sehingga mampu mengurangi efek negatif dari paparan sinar matahari. Perawatan kulit secara rutin dengan jeruk nipis dapat memperlambat penuaan dini dan juga menyamarkan plek hitam pada kulit wajah anda.

Manfaat jeruk nipis untuk atasi ketombe dan rambut rontok.

Selain untuk kulit wajah, jeruk nipis juga bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok. Caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok air perasan jeruk nipis dengan air kelapa secukupnya. Kemudian ramuan tersebut anda oleskan pada kulit kepala secara merata. Diamkan selama semalaman, lalu bilas sampai bersih. Pengunaan ramuan ini, bila dilakukan secara rutin, berguna juga untuk menguatkan rambut serta menjadikannya lebih halus dan lembut.

Selain beberapa manfaat Jeruk nipis untuk kulit wajah yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari jeruk nipis, khususnya dalam dunia kecantikan. silahkan lengkapi pengatahuan dan wawasan anda dengan mengunjungi halaman pencarian google.com.

Blog, Updated at: 15.24

Popular Posts

Artikel Blog