Kandungan Gizi Dan Khasiat Buah Sirsak

Kandungan gizi dan khasiat buah sirsak :: Setelah sebelumnya diulas mengenai klasifikasi,morfologi, dan manfaat sirsak secara umum, artikel kali ini akan mengulas tentang buah sirsak baik kandungan gizi di dalam buahnya serta manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah sirsak terutama dalam dunia kesehatan.

Buah sirsak umumnya akan muncul pada bagian batang, cabang, maupun bagian ranting dari pohon, Adapun ciri buah sirsak yang sudah matang yaitu jarak antara daun renggang, tangkai buah menguning, serta buah mulai mengeluarkan aroma harum dan menusuk (hasi studi widyastuti dan paimin, 1993).

Kandungan gizi buah sirsak

Sejumlah manfaat buah sirsak untuk pengobatan terutama penyakit kanker

Didalam buah sirsak terkandung sejumlah vitamin dan serat, Komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8.5% biji, dan 4% hati atau empelur. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04% (Radi, 1997).

Kandungan vitamin C dalam buah sirsak segar terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu sekitar 20 mg / 100g daging buah. Daging buah sirsak memiliki aroma dan flavour yg baik sekali, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pengharum es krim. Selain itu, terkandung juga beberapa senyawa seperti caffeine hydrocyanic acid, myricy alcohol, dan sterol.

Dibawah ini adalah tabel yang menunjukkan komposisi kandungan gizi dalam setiap 100 gram buah sirsak :


Komposisi
Jumlah
Kalori (cal)
65
Karbohidrat (g)
16.3
Protein (g)
1.0
Lemak (g)
0.3
Kalsium (mg)
14.0
Besi (mg)
0.6
Fosfor (mg)
27.0
Vitamin A (SI)
10.0
Vitamin B1 (mg)
0.07
Vitamin C (mg / 100 g bahan)
20
Sumber : Depkes RI 1996

Khasiat buah sirsak untuk tubuh

Dilihat dari komposisi gizi yang terdapat dalam buah sirsak, tidak salah bila buah sirsak dapat juga digolongkan sebagai salah satu obat tradisional karena memberikan manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sejumlah penelitian baik yang dilakukan oleh para praktisi kesehatan maupun institusi pendidikan dan pemerintah, menemukan bahwa zat/ senyawa yg terkandung dalam buah sirsak dapat memberikan efek sangat baik untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.
  • Journal of Natural Product menerbitkan sebuah hasil penelitian yg dilakukan oleh Catholic of South Korea, dimana dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa salah satu senyawa dalam buah sirsak dapat membunuh sel kanker pada usus besar. Kekuatannya bahkan diyakini 10.000 kali lebih besar dibandingkan obat kemoterapi adriamycin. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa ekstrak sirsak mempunyai sejumlah kemampuan hebat seperti menyerang kanker secara efektif serta aman bagi tubuh. Senyawa tersebut juga dapat memberikan perlindungan terhadap system imun serta menghindari infeksi mematikan pada tubuh.
  • vine-uk.com melansir sekitar 20 tes laboratorium yg menyatakan bahwa kandungan senyawa dalam buah sirsak efektif dalam membunuh sel-sel kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, payudara, prostate, pancreas, dan serviks. Dalam tes disebutkan juga bahwa senyawa dalam buah sirsak tersebut tidak merusak sel-sel sehat, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah infeksi.
  • Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) yaitu Dr.Hardhi menyatakan bahwa dalam buah sirsak terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Uniknya, Tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.
  • Fakta bahwa buah sirsak memiliki khasiat pengobatan, sudah dilakukan oleh suku Indian dari benua amerika. Mereka sudah menggunakan bagian-bagian tanaman sirsak termasuk buahnya sebagai obat tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit.
Manfaat lainnya dari buah sirsak, antara lain :
  1. Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.
  2. Zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia.
  3. Selain fosfor dan kalsium, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga kebutuhan tulang akan nutrisi bisa terpenuhi.
  4. Selain aroma segar yg dimiliki buah sirsak, terkandung juga thiamin, dimana zat ini bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh.
Demikianlah artikel kali ini yg sedikit mengulas tentang kandungan gizi dan khasiat buah sirsak, nantikan artikel selanjutnya dimana akan mengulas tentang kandungan kimia dan manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Sumber :
- repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/16809/.../Chapter%20I.pdf
- wikipedia.org
- merdeka.com/sehat/buah-sirsak-si-pembunuh-sel-kanker.html
- inilah.com/read/detail/172073/as-rahasiakan-obat-kanker-dari-buah-sirsak/

ARTIKEL TERKAIT: