Kandungan Kimia Dan Manfaat Daun Sirsak

manfaat dan khasiat yang terkandung dalam daun sirsak untuk kesehatan tubuh
Kandungan kimia dan manfaat daun sirsak :: Setelah sebelumnya diulas tentang kandungan gizi dan khasiat buah sirsak, artikel kali ini akan mengulas tentang kandungan senyawa kimia dalam daun sirsak serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tidak kalah dengan buah sirsak, Daun sirsak juga memiliki khasiat hampir sama untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini  tidak terlepas dari beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun sirsak

Kandungan kimia daun sirsak.


Daun sirsak mengandung tanin, alkaloid, dan sejumlah kandungan kimia lainnya seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin dan muricapentocin. Kandungan senyawa kimia tersebut merupakan senyawa yg dapat memberikan manfaat untuk tubuh, baik sebagai obat ataupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan

Daun sirsak digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Cara penggunaannya bisa secara sederhana yaitu merebus daun sirsak atau secara modern dengan mengambil ekstak dari daun. Tubuh akan mendapatkan manfaat dari air rebusan / ektrak daun sirsak ini bila dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Beberapa manfaat daun sirsak bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh antara lain :
  1. Menghambat mutasi gen, pertumbuhan bakteri, perkembangan virus, perkembangan parasit, dan pertumbuhan tumor.
  2. Menurunkan kadar gula, demam, dan tekanan darah tinggi.
  3. Membantu menguatkan syaraf, meningkatkan produksi asi pada ibu hamil, melebarkan pembuluh darah, menyehatkan jantung, meredakan nyeri, mengurangi stess, serta merileksasi otot.
  4. Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
  5. Dapat menekan peradangan.
  6. Membunuh cacing parasit dan sebagai anti kejang

Manfaat daun sirsak untuk kanker

Daun sirsak banyak dipercaya bisa menyembuhkan kanker. Dalam daun sirsak banyak terkandung zat aktif dimana salah satunya bersifat antioksidan yg mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Daun sirsak juga dapat menaikkan sistem imun tubuh serta mengurangi efek yang ditimbulkan dari penyakit kanker pada tubuh.

Sampai saat ini, sebenarnya riset tentang khasiat daun sirsak hanya baru sampai uji pra klinik, dan belum secara formal di ujicobakan pada manusia. Dengan melakukan tes uji kepada manusia, dapat ditentukan siapa yang boleh dan tidak mengkonsumsi.

Dalam prakteknya, satu tanaman obat bisa menyembuhkan penyakit pada pengguna yang satu tapi justru dapat menimbulkan penyakit pada pengguna lainnya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah kandungan kimia dan manfaat daun sirsak sebagai tanaman obat tradisional. Smoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Untuk mengetahui mengenai cara membuat ramuan obat dari daun sirsak, silahkan baca artikel lainnya tentang manfaat daun sirsak untuk ramuan obat

ARTIKEL TERKAIT: