Manfaat Kulit Mangga Untuk Melangsingkan

Posted by Tanaman Obat on Kamis, 23 Mei 2013

Salah satu khasiat dari kulit mangga yaitu untuk mencegah obesitas pada manusia

Manfaat kulit mangga untuk melangsingkan :: Kebiasan membuang kulit mangga ketika memakan buahnya, sepertinya harus anda hentikan, karena sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari Australia bernama Professor Mike Gidley dari Queensland Alliance menyebutkan bahwa mengkonsumsi kulit mangga dapat menghindarkan seseorang dari obesitas.

Dalam penelitiannya, Ilmuan autralia ini menggunakan objek kulit buah  dari dua varietas mangga yaitu mangga "Irwin" dan mangga "Nam Dok Mai", dan satu varietas lagi yaitu mangga "Kensington Pride" sebagai pebanding. Dalam kulit mangga varietas "Irwin" dan "Nam Dok Mai" ditemukan bioaktif dengan konsentrasi tinggi, dimana bioaktif tersebut dapat menghambat berkembangnya sel-sel lemak manusia.

Dalam kajiannya, Prof. Mike Gidley mengambil ekstrak methanol dari kulit dan daging buah yang berasal dari ketiga varietas tersebut untuk dianalisa komponen kimianya.

Rasakan manfaat dan khasiat dari kulit mangga untuk program diet anda

Dari hasil analisa, diketahui bahwa ekstrak kulit mangga dari jenis Kensington Pride dapat menyimpan sel-sel lemak dibandingkan kedua jenis lainnya.Sedangkan kulit buah dari jenis "Irwin" dan "Nam Dok Mai" mampu menghambat proses awal sel lemak berubah menjadi sel lemak matang (adipogenesis) secara signifikan. Uniknya dari ketiga varietas mangga tersebut, ternyata daging buahnya sama sekali tidak mampu menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh.

Mengenai perbedaan kemampuan antara kulit dan buah mangga dalam mengikis lemak dalam tubuh. Profesor Greg Monteith dari University of Queensland School of Pharmacy memaparkan alasannya."Sebuah interaksi yang kompleks dari senyawa bioaktif yang unik pada ekstrak kulit mangga mungkin bertanggung jawab atas hal ini, bukan karena komponen tunggal didalamnya," kata Monteith.

Hasil temuan dari Prof. Mike Gidley ini telah di publikasikan ke masyarakat umum dalam journal Food & Function. Penemuan ini diharapkan dapat membantu produsen untuk mengembangkan varietas buah mangga yang bisa secara aktif berperan dalam mengurangi obesitas.


sumber : health.kompas.com

Blog, Updated at: 00.00

Popular Posts

Artikel Blog