Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Sejumlah khasiat dari belimbing wuluh untuk obat segala penyakit

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan - Rasa Asem adalah hal pertama yang tentunya akan anda rasakan bila mengkonsumsi buah belimbing wuluh. Tanaman ini sering juga disebut belimbing sayur karena umum digunakan sebagai bumbu rempah penyedap masakan.

Belimbing wuluh diperkirakan berasal dari wilayah sekitar maluku dan penyebarannya mulai dari daerah-daerah lain di Indonesia serta beberapa Negara seperti Myanmar, Malaysia, Filipina dan srilangka.

Seperti halnya belimbing manis, area penanaman pohon belimbing wuluh umumnya di area pekarangan rumah. Manfaat dari belimbing wuluh secara umum sebagai pohon peneduh dan dimanfaatkan buahnya sebagai sumber konsumsi.

Ciri Umum dan Kandungan Kimia 

Nama lokal.
Belimbing wuluh memiliki beberapa nama daerah antara lain :balimbing (lampung), bhalingbhing bulu (madura), ), limbi ( Bima), blingbing buloh (bali), calincing, balingbing (sunda), Caleneng ( bugis soppeng), malimbi (nias), belimbing tunjuk (banjarmasin), blimbing wuluh (jawa, libi (sawu), balimbeng (flores), bainang (makassar), selemeng (gayo), belerang (sangir), belerang (sangir), balimbieng( minangkabau), balimbingan (batak), belimbing asam (Melayu), , asom, belimbing, limeng ungkot, selimeng (aceh).

Ciri Umum  yang bisa dikenali : 
  • Ketinggian pohon atara 5 -10 meter, batang utama pendek sebagai tempat tumbuh batang dengan bentuk bergelombang.
  • Daun tumbuh pada setiap ujung batang, bentuk daun tipis, oval, majemuk, tumbuh berkelompok antara 11 hingga  37 anak daun dengan posisi berselang seling.
  • Bunga tumbuh pada bagian batang, ukuran bunga kecil, tangkai bunga berambut. Terdiri dari mahkota dengan warna putih, kuning / lila.
  • Buah belimbing memiliki bentuk elips dengan panjang antara 4-10 cm. ketika masih muda, warna buah hijau muda dan akan berubah menjadi kuning / kuning pucat ketika buah masak. Daging buah mengajdung kandungan air cukup tinggi dengan rasa asam. 
  • Biji terdapat pada setiap buah dengan ukuran ± 6mm, bentuk pipih dengan warna coklat.

Kandungan unsur kimia.
Belimbing wuluh mengandung beberapa unsur kimia terutama banyak terdapat pada bagian buahnya, unsur tersebut antara lain : glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Manfaat belimbing wuluh untuk obat



Kandungan unsur kimia pada belimbing wuluh cukup penting dan dapat memberikan manfaat bagi manusia terutama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat belimbing wuluh untuk obat bisa diperoleh dengan memanfaatkan beberapa bagian dari pohonnya yaitu daun, bunga, dan tentunya bagian buahnya.

1. Buah
bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi jerawat, panu, sakit gigi dan pembengkakan pada gusi, melancarkan pencernaan tubuh, obat batuk rejan, peluruh kencing, diabetes serta bisa  untuk obat kelumpuhan.

2. Daun.
Bisa dijadikan ramuan obat yang dikenal cukup ampuh untuk mengatasi gondongan, rhematik, batuk dan sakit perut.

3. Bunga.
Bisa dijadikan obat batuk pada anak dan juga untuk mengatasi sariawan.

Demikian ulasan singkat mengenai sejumlah manfaat dari belimbing wuluh sebagai salah satu tanaman obat untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh, semoga bermanfaat