Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

Posted by Tanaman Obat on Sabtu, 23 November 2013

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan :: Kumis kucing atau dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Orthosiphon aristatus adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia yang masuk kedalam famili Lamiaceae. Tanaman ini dikenal di dunia pengobatan sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tanaman dengan batang basah dan tumbuh tegak ini tersebar di beberapa wilayah Indonesia dan tentunya mempunyai nama pangilan berbeda untuk masing-masing daerahnya antara lain : remujung ( jawa timur ), salaseyan, songkot koceng ( madura ),  kumis kucing , giri-giri marah ( sumatera / melayu ), kumis kucing, jokot, singkir ( sunda ), dan sebagainya.

Klasifikasi ilmiah dari tanaman kumis kucing adalah sebagai berikut ( id.wikipedia.org/wiki/Kumis_kucing ) :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi :  Spermatophyta
  • Upadivisi : Angiospermae (tidak termasuk)  Eudicots
  • Kelas : Dicotyledonae (tidak termasuk) Asterids
  • Ordo : Lamiales
  • Famili : Lamiaceae
  • Genus : Orthosiphon
  • Spesies : O. aristatus
  • Nama binomial : Orthosiphon aristatus (sumber wikipedia )

Ciri –ciri umum yang bisa dikenali :
  1. Akar tanaman berakar tunggang dengan bentuk bulat, berkayu serta bercabang-cabang dimana bagian ujungnnya semakin mengecil. Panjang akar bisa mencapai 25 cm. warna putih
  2. Batang membentuk persegi empat agak teratur, warna hijau keunguan, memiliki diameter sektar 1.5 cm, tumbuh bercabang, pada bagian ruas-ruas batang bagian bawah keluar akar.
  3. Daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur, lonjong dengan panjang kurang dari 10 cm dan lebar antara 3-5 cm. Tangkai daun bulat dengan warna ungu kehijauan atau hijau, ini tergantung dari varietas tanaman. Daun umumnya tumbuh berhadapan dan selang-seling, tulang daun bercabang-cabang.
  4. Bunga kumis kucing terbagi menjadi dua yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal berbentuk bibir, mahkota berwarna putih keunguan atau putih. Bagian atas ditutupi rambut pendek berwarna putih keunguan.setiap ujung heli bunga berbentuk bundar dan tumpul. Bagian benang sari pada bunga keluar nampak seperti kumis kucing. Bunga majemuk muncul dari bagian ujung percabangan dengan panjang sekitar 7-29 cm, berwarna putih atau putih keunguan. Bagian ini ditutupi oleh rambut dengan panjang sekitar 1-6 mm, kelopak bunga berurat, bagian pangkalnya memiliki rambut pendek dan jarang, bagian atasnya gundul.
  5. Biji kumis kucing berwana putih kehitaman ketika masih muda dan berubah menjadi coklat kehitaman apabila sudah tua. Biji berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kurang lebih 1 mm.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Tanaman Obat

Tanaman kucing mengandung beberapa senyawa kimia penting antara lain :
orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, saponin, garam kalium, zat samak, minyak lemak, sapofonin, mioinositol, dan sinensetin. Keberadaan senyawa-senyawa tersebut menjadikan kumis kucing berkhasiat dalam mengobati sejumlah penyakit

Beberapa manfaat kumis kucing untuk obat antara lain :

  1. Mengatasi infeksi pada ginjal dan infeksi kandung kemih
  2. Mengatasi sakit kencing batu
  3. Menyembuhkan encok
  4. Sebagai peluruh air seni
  5. Mengatasi keputihan
  6. Dan menghilangkan panas dan lembab

Cara mencapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing sebagai obat yaitu dengan memanfaatkan seluruh bagian tanaman baik dalam keadaan basah ataupun sudah dikeringkan terlebih dahulu baik dengan cara dipanggang ataupun dijemur dibawah sinar matahari.

Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikannya sebagai minuman dengan cara merebus 30-60 gram tanaman yang sudah kering atau 90-120 gram yang masih basah dengan air secukupnya, air tersebut bisa anda konsumsi secara rutin dan teratur 2 atau 3 kali sehari.

Demikian ulasang mengenai manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh dan cara mendapatkan manfaatnya, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Blog, Updated at: 20.01

Popular Posts

Artikel Blog