Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Posted by Tanaman Obat on Selasa, 03 Desember 2013

Sejumlah khasiat buah nanas sebagai salah satu tanaman obat berkhasiat bagi kesehatan tubuh


Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh :: Ananas comosus L atau lebih dikenal dengan sebutan nanas, adalah salah satu jenis tumbuhan tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman dengan ciri khas daun bergrigi ini diperkirakan berasal dari wilayah Bolivia, Paraguay, dan brasil. Nanas sendiri adalah sebutan orang Tupi yang biasa menyebut buah ini dengan nama anana (buah yang sangat baik).

Buah dari tanaman ini secara umum berwarna kuning ketika matang dan memiliki rasa manis menyegarkan. Selain rasanya yang banyak disukai. Buah ini juga ternyata mengandung beberapa nutrisi penting dan bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan Dan Manfaat Buah Nanas


Didalam buah nanas terdapat beberapa nutrisi penting dan bermanfaat bagi tubuh, antara lain : vitamin seperti A dan C, sejumlah mineral seperti natrium, kalsium, zat besi, fosfor, sukrosa, dektrosa, beberapa enzim seperti bromelain dan proteiolitik. Terdapat juga serat dan air dalam kadar cukup tinggi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah nanas dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan tubuuh. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh anda ( sumber : merdeka. com ).

1. Dapat mencegah kembung
Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki peranan antara lain untuk membantu melunakkan makan sehingga dapat dengan mudah di olah dalam perut, enzim ini juga berperan aktif dalam mengurangi peradangan pasca operasi, mengatasi pembengkakan pada hidung ketika terserang infeksi sinusitis, serta mengurangi sakit akibat oesteoarthritis.

2. Dapat membantu menurunkan berat badan.
Kandungan vitamin C pada buahnya dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Enzim lain dalam buah nanas yaitu proteiolitik dapat mengurangi penyerapan lemak dalam usus oleh tubuh.

3. Memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kanker.
Zat karsinogenik pada buah nanas dapat membantu melindungi sel – sel sehat pada tubuh dari kerusakan serta dapat juga menyembuhkan sel – sel yang rentan mengalami kerusakan. Sel – sel rusak dalam tubuh dapat menimbulkan penuaan dini serta berbagai penyakit salah satunya adalah kanker.

4. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Beberapa kandungan mineral dalam nanas dapat membantu meningkatkan perkembangan tulang dan memperkuat jaringan ikat..selain itu zat tembaga didalamnya dapat membantu melindungi tulang dari serangan osteoporosis. Kandungan mineral juga dapat membantu memperkuat gusi dan gigi agar tetap kuat dan sehat.

5. Mencegah penggumpalan darah.
Buah nanas dapat memperkecil terjadinya penggumpalan darah dan membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

6. Membantu memperbaiki indera penglihatan
Betakaroten yang terdapat juga dalam buah nanas dapat membantu menjaga dan meningkatkan indera penglihatan.

Untuk mendapatkan manfaat buah nanas secara maksimal, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas keadaan segar, karena dalam keadaan seperti ini, kandungan nutrisi dalam buah nanas dipastikan tetap utuh / belum rusak.

Blog, Updated at: 22.14

Popular Posts

Artikel Blog