Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan ciri umum tanaman mangga yang bisa anda kenali

Klasifikasi serta morfologi tanaman mangga :: Indonesia dikenal sebagai salah satu Negara penghasil berbagai jenis buah-buahan. Iklim serta curah hujan yang baik, menjadikan berbagai jenis tanaman buah dapat tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman buah yang bisa ditemukan secara mudah adalah mangga.

Mangga merupakan salah satu jenis tanaman buah yang populer di indonesia. Rasa buah manis dan menyegarkan, menempatkan buah mangga sebagai salah satu buah yang memiliki banyak pengemar.

Tanaman yang termasuk kedalam marga mangifera ini diperkirakan berasal dari wilayah India, kemudian meyebar hingga kewilayah asia tenggara termasuk indonesia.

Indonesia dikenal sebagai penghasil 2 jenis mangga yaitu jenis mangifera indica L seperti mangga arum manis, manalagi, golek, dan jenis mangifera foetita seperti mangga kemang dan kweni.

Klasifikasi ilmiah dan Morfologi

Klasifikasi ilmiah :
  • Kerajaan : Plantae
  • Filum : Magnoliophyta
  • Klas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera
  • Spesies : M.indica

Morfologi.
Mangga dikenal sebagai tanaman tingkat tinggi. Tanaman ini digolongkan kedalam kelompok arboreus karena memiliki batang dengan ketinggian diatas 5 meter.

Ciri-ciri umum dari tanaman mangga antara lain :
  1. Struktur batang umumnya besar. Tumbuh tegak dan bercabang dengan ketinggian pohon bisa mencapai 40 meter.
  2. Batang memiliki kulit tebal dengan tekstur kasar, warna kulit batang umumnya coklat keabuan, kelabu tua hingga hitam. Terdapat banyak celah-celah kecil serta sisik yang merupakan bekas tepat tumbuhnya daun.
  3. Akar tumbuh memanjang dan bercabang-cabang dengan panjang bisa mencapai 6 meter.
  4. Termasuk kedalam tumbuhan berdaun tunggal, daun tumbuh lebat dan tersebar disetiap batang. Secara umum daun mangga memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Panjang tangkai daun antara 1-1,25 cm. Bagian pangkal membesar, sisi daun bagian atas  terdapat alur. Posisi daun pada batang umumnya berjarak 3/8 dan semakin ujung batang posisinya makin berdekatan. Helai daun berbentuk jorong hingga linset. Tekstur daun agak liat, warna daun muda kemerahan, kekuningan, dan keunguan. Warna daun akan berubah hijau lalu kuning menua. Pangkal daun lancip, tepi daun berbentuk gelombang, bagian ujung daun meruncing. Beberapa varietas mangga memiliki struktur daun yang berbeda. antara lain : bulat telur  dan ujung daun meruncing, lonjong dan ujung daun seperti mata tombak, segi empat dan ujung membulat, serta segi empat dan ujung daun meruncing.
  5. Bunga majemuk dan berkelamin campuran, warna kuning kehijauan. Tumbuh memanjang hingga 40 cm.
  6. Buah mangga memiliki warna hijau muda ketika masih matang dan akan berubah menjadi kuning kehijauan ketika sudah matang. Bentuk buah beraneka ragam tergantung dari varietasnya, ada yang bulat, lonjong telur, hingga lonjong memanjang. Ukuran buah umumnya  antara 25-30 cm.

Demikian ulasan singkat mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman mangga, nantikan artikel selanjutnya yang akan mengulas tentang kandungan gizi dan manfaat buah mangga.